AKHLAKUL KARIMAH

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dalam hidup manusia mempunyai dua macam akhlak, yaitu akhlakul karimah dan akhlakul mazmumah. Akhlakul karimah adalah akhlak yang baik, sedang akhlaku mazmumah adalah akhlak yang buruk.

Penerapan akhlak yang benar akan menciptakan keselarasan dalam setiap segi kehidupan. Menurut kepada siapa harus dilaksanakan, akhlak dalam Islam terbagi menjadi tiga macam akhalk berikut ini.

1. Akhlak terhadap Allah swt.

Akhlak terhadap Allah swt. bertplak dari pengakuan dan kesedaran          manusia bahwa tidak ada Tuhan selain Allah swt. Akhlak tersebut akan         melahirkan sikap-sikap, diantaranya:

a. menyucikan dan memuji Allah swt.;

b. bertawakal kepada Allah swt.;

c. berbaik sangka kepada Allah swt.

2. Akhlak terhadap sesama manusia

Akhlak terhadap sesama manusia meliputi akhlak terhadap orang tua,       kaum kerabat dan tetangga.

a. Akhlak terhadap orang tua

Akhlak terhadap orang tua akan melahirkan sikap-sikap, diantaranya

1) memelihara keridaan orang tua;

2) menaati, melayani dan berbakti kepada orang tua;

3) memelihara etiket pergaulan, seperti merendahkan diri dan berkata                lemah lembut kepada orang tua.

b. Akhlak terhadap akum kerabat

Akhlak yang paling utama terhadap kaum kerabat adalah menjalin            silaturrahmi.

c. Akhlak terhadap Tetangga

Akhalak terhadap tetangga dilakukan dengan cara berbuat ihsan                    kepada tetangga, baik perkataan maupun perbuatan. Contihnya,             melakukan takziah ketika terkena musibah, menjenguk ketika sakit,           dan memberikan pinjaman ketika tetangga membutuhkan pinjaman.

3. Akhalk terhadap lingkungan

Lingkungan di sekitar manusia meliputi binatang, tumbuh-tumbuhan, dan benda tak hidup lainnya. Akhlak yang baik terhadap lingkungan harus dilaksanakan oleh manusia sebab manusia mengemban amanah dari Allah swt. sebagai khalifah di bumi.

Akhlak merupakan saka guru kehidupan seluruh umat di dunia ini. Tanggung jawab manusia sebagai khalifah di muka bumi ini akan tergantung kepada akhlaknya.

Apabila manusia manusia mempunyai akhlak yang sesuai dengan tuntutan Allah swt. dan Nabi Muhammad saw., niscaya kehiduapn di dunia ini akan menjadi baik. Selain itu, manusia akan mampu menyelesaikan tugas kekhalifahannya dengan baik pula.

semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amin…

~ oleh nurulmumina pada November 29, 2008.

Tinggalkan komentar